Info tentang bahan kimia

Hati-hati teman dalam pembelian bahan kimia. Banyak loh bahan kimia yang serupa tapi tak sama. Banyak orang yang tertipu dalam proses pembelian bahan kimia ini dikarenakan biasanya orang yang berbisnis dalam pengolahan logam ini adalah orang yang awam tentang kimia maupun bahan kimia, sehingga secara tidak langsung bisa dikatakan salah membeli bahan kimia adalah awal kegagalan dalam proses.

Banyak faktor kenapa orang tertipu dalam pembelian bahan kimia diantaranya :
- Mendapat harga yang sangat murah karena bentuk serupa tapi tak sama
- Tertipu dengan penampilan luar si penjual
Dengan kejadian-kejadian tertipu diatas hal tersebut harus diwaspadai karena biasanya banyak “mafia-mafia berkeliaran” diwilayah lokalisasi pengolahan logam.

Ada beberapa tips yang dapat saya bagi kepada teman-teman dalam menghindari tertipunya dalam pembelian bahan kimia :

a. Kenali dengan benar si penjual bahan kimia tersebut dari berbagai segi, minimal kita tahu background pendidikan dan rumah tinggalnya. Jangan sampai ada cerita mengukur pH dengan menggunakan laptop, tapi hal ini benar-benar terjadi loh….

b. Telitilah dalam membeli bahan kimia dari segi bentuk, fisik, bau maupun reaksinya. Tapi untuk orang yang awam tentang kimia hal ini sangatlah susah.

c. Belilah bahan kimia kepada orang yang memiliki background kimia dan ahli dalam pengolahan cara rendam ini.

d. Jangan terlalu percaya kepada orang-orang yang pernah kerja di pengolahan logam cara rendam ini dikarenakan mereka mengetahui pengolahan ini secara otodidak karena biasanya orang formulator tidak akan membocorkan formulasi kepada siapapun, kecuali formula tersebut dijual kepada si pemilik logam.

Semoga tips diatas bisa bermanfaat bagi teman-teman yang akan memulai pengolahan lumpur cara rendam ini, jangan sampai baru selangkah berjalan sudah tertipu.

Salam sukses,

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Pak, mengenai bahan-bahan yg dibutuhkan untuk pengolahan ini, bpk ada jual gak ya?
Jadi tanpa jasa formulasi, kita mau coba tambahkan bahan-bahannya sendiri. Mudah2n murah ya harganya…
Trmksh sebelumnya..

Pengolahan Lumpur mengatakan...

Pak Agus untuk bahan2 sy jual pak dr awal sampai akhir proses, kecuali CN sy tidak jual.

Masalah harga murah pak yang jelas pasti terjangkau lah soalnya kita bisa menghitung dari skala produksi. Pasti berbeda jauh banget dengan bapak beli dari orang2 yang jual di daerah. Bapak bisa beli dalam bentuk paket or masing2 bahan. Mungkin lebih enaknya bapak bisa hubungi saya di no tlp yang tertera di blog. Sy tunggu pak Agus kabar baiknya.

Thanks pak Agus.

Copyright © 2010 Pengolahan Lumpur All rights reserved. Powered by Blogger .

Design by themetraffic. Blogger Template by Anshul | Funny Pictures.
This template is brought to you by : allblogtools.com | Blogger Templates